Inilah Demokrasi : Rakyat kecil selalu jadi korban


Inilah Demokrasi : "Demi Pernikahan Eddi-Aliya, Warung Dede Ditutup Selamanya"

Kok, Pak Camat Gusur Orang Kecil, Dede Jaelani (45) hanya terdiam lesu, matanya menatap lurus bangunan Istana Kepresidenan Cipanas tepat di depan warungnya. Pasalnya, bangunan warung nasi pikulan tempat Dede dan keluarga mengais rejeki, harus rela dibongkar petugas demi kelancaran pesta pernikahan putra Presiden SBY yang konon menelan biaya hingga 12 miliar itu.
Pesta pernikahan Eddi Baskoro Yudhoyono dan Aliya Harta Rajasa yang akan digelar di Istana Kepresidenan Cipanas hanya tinggal menghitung hari yakni tanggal 24 November 2011.

Berikut ini penuturan Dede kepada reporter LENSAINDONESIA.COM yang singgah di warungnya.
”Saya tidak pernah membayangkan kalau akhirnya bangunan warung yang sudah kami tekuni puluhan tahun secara turun temurun ini akhirnya harus ditutup untuk selamanya. Surat perintah untuk menutup warung itu datang dari Kantor Kecamatan Cipanas, saya terima tanggal 19 November 2011 atau lima hari menjelang hajatan besar yang akan digelar Pak Presiden dan Pak Menteri. Isi surat itu menyeru kepada seluruh pedagang atau bangunan warung yang ada di sekeliling Istana Cipanas dilarang berjualan semenjak 23 November tahun ini,” papar dia.

Membaca surat itu, tubuh Dede bagaikan disambar petir karena surat perintah penutupan warung itu ternyata tidak bersifat sementara tetapi untuk selamanya.

”Kalau toh hanya diminta untuk menutup sementara demi menghormati hajatan besar keluarga Presiden kami sangat bisa menerima, tapi kalau untuk selamanya, ini benar-benar membunuh ekonomi keluarga saya. Sebab, warung pikulan yang dirintis oleh ayah saya H Uju Jaelani sudah buka semenjak era pemerintahan Presiden Soekarno. Artinya bangunan warung berukuran 4 x 6 meter ini sudah menghidupi keluarga besar kami, lebih dari setengah abad silam,” ungkapnya.

Dede juga tidak mengerti apa yang menjadi pertimbangan pemerintah dengan meminta agar ia tidak lagi berjualan di tempat tersebut. Padahal, setiap bulan ia juga membayar iuran kepada kecamatan melalui Kantor Desa, dan BPD, meski jumlahnya tidak terlalu besar. Alasan pemerintah yang menyerukan agar semua warung dan pedagang kaki lima harus tutup seterusnya karena dianggap mengganggu keindahan lingkungan di sekitar Istana Kepresidenan Cipanas.

”Saya menyadari kalau bangunan warung saya memang tidak jauh dari tembok Istana Cipanas, tepatnya di sayap sebelah kiri istana yang lokasinya masih di ujung halaman Pasar Cipanas. Di lokasi ini lah ayah saya H Uju Jaelani yang Alhamdulillah kini masih sehat dalam usianya yang sudah masuk 75 tahun. Karena usia bapak sudah mulai udzur, maka saya diminta untuk melanjutkan berdagang di warung ini demi menopang ekonomi keluarga. Dari warung pikulan ini pula, bapak saya mampu menghidupi Sembilan anaknya termasuk saya,” aku dia.

Dikisahkan, sejak dirinya duduk di bangku SD dan membantu ayahnya di warung itu, acap kali ia melihat Istana Cipanas dipenuhi tamu yang sedang menyelenggarakan acara dan meninap selama beberapa hari. Terakhir, ia menyaksikan para Gubernur, Bupati dan Walikota juga berkumpul di Istana Cipanas sekitar awal tahun 2011. Waktu itu Presiden SBY juga hadir dan kabarnya memberikan pembekalan kepada para pejabat penting yang juga pimpinan daerah itu.

Seingatnya, setiap acara besar yang diselenggarakan di Istana Cipanas tidak pernah ada gangguan kepada warungnya yang tetap berjualan seperti biasa.
”Bahkan tidak jarang para pengemudi atau kerabat tamu lainnya sering keluar dan makan di warung kami. Maklum, meski warung kami kecil, tapi punya ciri khas tersendiri, yaitu menyajikan makanan dengan sentuhan menu khas makanan Sunda. Di warung saya ada menu semur jengkol, pepes ikan mas, botok jamur, lalapan daun poh pohan, terong, leuncak dan masih banyak lagi makanan khas sunda lainnya. Maklum, disamping harganya murah, rata-rata para tamu yang mencicipi masakan kami katanya cocok di lidah meski tidak jarang pula yang bilang ini makanan aneh,” papar dia.
Seingatnya pula, presiden SBY bersama rombongan paling sering menginap di Istana Cipanas dibanding presiden Indonesia lainnya. Bahkan saat Presiden SBY menginap di Istana Cipanas, kendaraan lapis baja dari Densus 88 juga diparkir tepat di depan warungnya. Kendaraan pengamanan presiden lainnya seperti watter cannon, mobil -mobil polisi juga berderet di sepanjang jalan dekat warung Dede. ”Tentu saja para awak kendaraan itu tidak jarang juga makan di warung saya. Banyak pria berbadan tegap dengan muka sedikit sangar juga sering singgah makan di warung ini sambil pesawat HT nya terus bersuara seperti koordinasi komando,” ujar dia.

Masih dalam ingatatan saya, bahwa Istana Cipanas memang tidak pernah digunakan untuk menggelar acara pernikahan termasuk bapak saya juga mengatakan seperti itu. Dan ini adalah sejarah baru bahwa Istana Kepresidenan Cipanas, kini diwarnai dengan acara pernikahan yang mantu bahkan Pak Presiden SBY sendiri yang berbesan dengan Pak Menteri Perekonomian Harta Rajasa.

”Tapi bagi saya orang kecil, tidaklah terlalu penting untuk mencatat tentang Istana Cipanas mau digunakan apa saja yang penting warung saya tidak digusur. Itulah harapan saya yang paling penting supaya saya bersama keluarga tetap bisa menyambung hidup,” tegas dia. umar/LI-08/lensaindo

sumber : globalmuslim


Semoga hadirnya tulisan ini dapat menambah wawasan bagi pembaca sekalian. Dan kami mohon maaf jika ada kekurangan disana-sini. Sebagai manusia kami tentunya tidak terlepas dari kesalahan atau kekeliruan. Oleh karena itu kami mengharap kritik dan masukan dari pembaca sekalian untuk lebih menyempurnakan tulisan ini...

Ditulis kembali oleh http://naturalcrystalx-wanitacantik.blogspot.com/
Artikel Lain :
1. Pergaulan bebas
2. Jangan Dekati Zina
3. Antisipasi tumbuhnya GeneraSI tak Sholat

Berbagai masalah anda silahkan klik gambar :

naturalcrystalx Image and video hosting by TinyPic Kelambu nyamuk Image and video hosting by TinyPic

jellygamatImage and video hosting by TinyPic

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terima kasih.