Menyusui Anak

Natural crystal x - Sobat ncx, berikut ini adalah artikel yang saya lombakan pada sebuah group fb dan menjadi pemenang no 1, adapun judulnya adalah menyusui anak. Hadiahnya lumayan buat seorang ibu yang baru punya anak. Tapi kalau buat saya yang sudah beranak 3, mungkin tidak begitu dipakai. Semoga bermanfaat.

Assalamu’alaikum .. Bunda-bunda sholekhah,

Bunda, menjadi seorang wanita tentu sangat membahagiakan…bisa melahirkan seorang buah hati dari rahimnya. Dan tentulah masa menyusui adalah saat-saat yang dinantikan. Begitupula yang saya alami, Subhanallah…Alhamdulillah Sebelum adzan subuh lahirlah sang jabang bayi yang sudah ditunggu kehadirannya..tapi sedikit mendung menghiasi sang kolbu ini..mengurai sedikit kebahagian karena Sikecil tak bisa segera merasakan air susu ibunya..ya qodarullah hari pertama,kedua,ketiga.. Asinya tak kunjung keluar..hmm sedih banget. Kata orang tua makan ini makan itu( marneng,jagung,bothok tempe, daun katuk dll),dikompres,mandinya begini dan sebagainya... tapi asi juga belum keluar, tak lupa juga makan suplemen pelancar asi, pompa asi tak terlewatkan pula ampe punting sakiiiit..tak peduli kata orang katanya dengan dipompa punting bisa rusak tapi subhanallah,punting yang dulu sebelah masuk krn dipompa terus jadi nongol keluar..

Namun sahabat walau tak kluar asinya..tetep dede’kecil saya nenenin terus...hmm pantang menyerah!!.. klo nenen lama banget tapi walhasil nanti nangis juga krn laper..klo bisa ngomong pasti dede’ dah teriak2 “ummii, asinya ko gak keluar ,aku laper ummii….”

Ternyata, Allah berkehendak lain hari keempat adek hadir didunia ini... qodarullah, ummi harus masuk rumah sakit 4hari diruang isolasi. Sedih meninggalkan adek sama embahnya,Alhamdulillah abi setia nungguin ummi dirumah sakit( trima kasih ya abi sayang atas semua pengorbananya)..abi critain adek gak usah ume terlalu memikirkan, adek dirumah baik2 saja sama mbah putri..minum susu formula tapi sama mbah klo biki susu tambah gula….”wualah gubrak…belum tau ni mbah gmn cara buat susu bayi…hehehe..

Pulang dari rumah sakit..kangen banget ma dede’ tapi waktu mau disusui dede’nya gak mau..malah nagis kenceng..waduh tambah sedih dan bersalah. Tapi banyak yang kasih surport..”ayo coba trus neneninnya sambil digendong..”. So semangat coba terus, Biidznillah….. Alhamdullihahi robbil’alamin akhirnya adek mau nenen juga walau asi keluarnya gak banyak sedang keinginan adek sangat kuat jadi masih didampingi sufor. Usia 15 bulan, ummi hami lagi..namun dede’ masih tetap disusui sampai umur 2tahun..

Mengambil hikmah dari setiap masalah..Insya Allah itulah yang terbijak. Dulu waktu masih hamil saya juga kurang mempersiapkan PD utk menyusui..ya ini jadi pelajaran buat saya agar tak terulang untuk anak yang kedua, Insya Allah. Dan Alhamdulillah lingkungan yang sangat mensurport saya karena sekarang banyak sekali saya temui ibu-ibu muda yang tak menyusui anaknya dengan alasan karena asi tak keluar, karena punting kecil dll..Alhamdulillah saya bisa melewatinya dengan segenap usaha dan doa.. beserta dukungan suami dan keluarga. Hiks..hiks..hiks.. terimaksih yach…

Walau tak pernah yang namanya mengalami asi yang bancar/banyak asinya seperti temen-temen lainnya..tapi Alhamdulillah anak saya bisa merasakan asi sampai umur 2tahun. Sebagai ibu tentu hanya ingin memberikan yang terbaik buat sang buah hati..karena saya sadar pentingnya asi buat pertumbuhannya dan buat kesehatan ibunya.

Pemberian ASI bukan sekedar “saat minum susu” untuk si kecil. Proses menyusui adalah seni yang membutuhkan konsentrasi dan ketulusan hati. Yang sedang berada dalam dekapan dan dekat dengan jantung Anda adalah buah hati Anda. Maka menyusui adalah satu proses yang paling berarti antara ibu dan anak.

"Menyusui anak" merupakan pengalaman berbeda untuk setiap ibu. Dan inilah sedikit sharing pengalaman menyusui dari saya, pengalaman yang amat sangat berharga buat saya. Menyusui, pengalaman terindah dalam hidup saya..semoga tulisan ini juga bisa menjadi surport bagi bunda2 yang mungkin mengalami keluhan seperti saya… Ayo bunda jangan menyerah, Insya Allah bunda pasti juga bisa…Biidznillah!!!!

Salam sukses menyusui.
( Widji ume ) ‘^__^


Widji Ume Auliafatih Dua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terima kasih.