Pondasi yang Salah Arti

Sahabat, tidak ada suatu bangunan yang tidak mempunyai pondasi. Pondasi merupakan dasar terbentuknya bangunan yang ada diatasnya. Dengan pondasi yang bagus akan tegak sebuah bangunan yang kokoh dan kuat.

Susunan berbagai bahan terbaik dalam sebuah pondasi, tentu akan semakin menentukan kekuatan dan kualitas bangunan diatasnya. Artinya, jika sebuah bangunan yang akan dibuat berupa gedung yang tinggi dan besar, tentu membutuhkan pondasi yang lebih kuat pula.

Namun menjadi satu hal yang aneh ketika kita hanya bangga dengan pondasi yang terus diperkuat, tanpa adanya bangunan diatasnya. Hal itu akan menjadi sia-sia belaka, karena apa yang menjadi impian kita akan sebuah rumah mewah (contohnya) akan sirna.

Kita sendiri mungkin tidak pernah berfikir bahwa apa yang sebenarnya kita lakukan selama ini hanyalah membuat pondasi dan pondasi. Tentu saja kita juga tidak bisa mengklaim atau menyatakan jika sebuah pondasi yang kita buat adalah bangunan yang sempurna. Klaim saja tidak bisa dibenarkan apalagi bangga dengan pondasi tersebut. Coba kita berfikir jika seseorang berada disebuah pondasi yang besar kemudian berkata, "Ini adalah rumah saya, dan saksikanlah bahwa ini adalah rumah saya..!!". Tidak usah berfikir panjang, pasti setiap orang yang mengetahui hal itu akan berkata, "Ada orang gila...! Masak baru membangun pondasi, sudah dikatakan rumahnya. Emang udah gila ya..!!"

Sahabat, sudah saatnya kita bangkit dan mengubah cara berfikir kita. Dalam sebuah hadist disebutkan, "Islam didirikan diatas 5 perkara yaitu bersaksi bahwa tiada Ilah selain Alloh dan Muhammad adalah utusan Alloh, mendirikan sholat, mengeluarkan zakat, mengerjakan haji ke Baitullah dan berpuasa pada bulan Ramadhan."(HR. Bukhari dan Muslim)
Inilah diantara bagian pondasi yang kita perkuat selama ini, tanpa sedikitpun membuat bangunan diatasnya. Dan pondasi merupakan bagian terpenting dalam sebuah bangunan. Namun bukan berarti bahwa pondasi tersebut adalah bangunan itu sendiri.

Kita maklumi bahwa sebuah bangunan, disamping ada pondasi tentu ada dinding dan juga ada atap sebagai payung atau pelindung dari sebuah bangunan. Inilah yang menjadi pekerjaan rumah kita untuk selanjutnya, yaitu membuat dinding dengan tiangnya dan atap dengan gentingnya.

Jika sebuah bangunan telah lengkap yang meliputi pondasi, tiang-tiang penegak (dinding) dan pelindung (genting dan segala perlengkapannya) baru kemudian kita bisa menyebutnya dengan sebuah bangunan.

www.widjiume.com
Ditulis oleh http://naturalcrystalx-wanitacantik.blogspot.com/
Artikel Lain :
1. Hari gini Masih Bugil...!
2. Fakta tentang demokrasi
3. Antisipasi tumbuhnya GeneraSI tak Sholat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terima kasih.