Risiko Gangguan Jiwa Bisa Meningkat Karena Asap Rokok

Natural crystal x - Salah satu alasan orang merokok adalah untuk meredakan stres. Padahal menurut penelitian, asap rokok justru akan semakin meningkatkan stres dan bahkan risiko schizophrenia terutama bagi yang terlahir dengan gen pemicu gangguan jiwa.

Penelitian tersebut dilakukan oleh Prof Boris Quednow dari University of Zurich dan Prof Georg Winterers dari University of Cologne. Partisipan yang dilibatkan terdiri dari 1.800 orang dewasa sehat yang tidak sedang memiliki gangguan kejiwaan.

Namun berdasarkan pemeriksaan electroencephalography (EEG), para para peneliti menemukan adanya perbedaan aktivitas otak dalam merespons strimulasi akustik. Perbedaan ini terkait dengan mutasi atau perubahan pada gen tertentu yang disebut Transcription Factor 4 (TCF-4).

Perbedaan respons otak dan juga mutasi gen TCF-4 ditemukan juga pada penderita gangguan jiwa schizophrenia. Adanya kaitan antara keduanya menunjukkan bahwa sebagian orang terlahir dengan bakat schizophrenia, yang sewaktu-waktu bisa memicu gangguan jiwa.

Ketika dibandingkan dengan kebiasaan merokok, para partisipan yang merokok secara aktif cenderung kurang efektif dalam memberikan respons terhadap stimulasi akustik. Para peneliti menduga, hal itu dipicu oleh perubahan atau kerusakan gen RCF-4 yang lebih drastis.

"Merokok bisa mengubah dampak dari gen TCF-4 terhadap penyaringan stimulasi akustik," kata Prof Boris Quednow seperti dikutip dari Sciencedaily, Selasa (27/3/2012).

Temuan ini diyakini akan sangat berguna dalam menentukan faktor risiko schizophrenia pada beberapa orang yang terlahir dengan gen TCF-4, terutama yang memiliki kebiasaan merokok. Seperti diketahui, beberapa penelitian telah membuktikan bahwa schizophrenia juga bisa diturunkan.

Menurut para peneliti, kombinasi berbagai faktor akan semakin memudahkan diagnosis gangguan jiwa schizophrenia. Faktor-faktor tersebut antara lain genetik yang diwakili oleh gen TCF-4, elektrofisiologis dan demografi yang dalam ini berupa kebiasaan merokok

DETIKHEALT

Mudah-mudahan bermanfaat buat sobat sekalian.
Artikel terkait yang layak anda baca :
- Tips berhenti merokok
- Inilah anak yang kecanduan rokok
- Manfaat rokok
- 10 tips sehat
- Pengguna narkoba indonesia 5 juta orang

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terima kasih.