Tips Pedagang Online dalam Memberikan Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan

Natural crystal x - Untuk kali ini akan saya tulis dengan sederhana mengenai tips pedagang online dalam memberikan pelayanan dan kepuasan pelanggan yang merupakan tujuan dari seorang pedagang itu sendiri. Dan inilah yang sudah biasa saya lakukan dan mungkin teman-teman pedagang yang lain punya usulan lain silahkan di tulis atau ditambahi dalam komentar.

Diantara "tips pedagang online dalam memberikan pelayanan dan kepuasan pelanggan" diantaranya adalah sebagai berikut :
  1. Layani dengan penuh kesabaran. Pembeli adalah raja. Nah, inilah yang sering sekali kita dengar berkaitan dengan perdagangan. Sebutan yang tidak asing lagi untuk seorang customer atau pelanggan yang akan membeli suatu produk. Sehingga dengan sebutan yang sudah mendarah daging di masyarakat ini, menjadikan mereka seolah-olah seorang raja dan bisa berbuat sesuka hati. Mulai dari penawaran yang terlalu menekan harga beli, pertanyaan yang berlebihan sehingga  terkesan diulang-ulang dan komplain barang ketika belum sampai. Maka, layani dengan penuh kesabaran dan usahakan untuk tidak memberikan kesan marah pada mereka. Selalu berdo’a untuk kelancaran usaha dagang online kita, sedikit tidak masalah yang penting adalah berkah.
  2.  Bantu customer /pelanggan jika barang tidak kunjung sampai. Sebenarnya hal ini sudah diluar tanggung jawab pedagang online, karena sudah kita serahkan pada paket pengiriman untuk proses selanjutnya dan ini merupakan resiko seorang pelanggan atau customer karena resi pengiriman sudah kita dapatkan seperti pada perjanjian awal. Namun, jujur saja kita juga tidak akan menutup mata terkait masalah ini. Seorang pedagang online harus bisa memberikan keterangan terkait keterlambatan barang sampai ke pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan menanyakan pada kantor dimana pedagang online kirim barang, atau melihat perjalanan resi melalui situs jasa paket pengiriman barang tersebut, seperti di JNE.
  3. Sisipkan beberapa brosur dagangan yang lain. Mungkin ini yang jarang saya temukan pada para pedagang online. Makulm, saya juga sering membeli barang secara online, jadi ketika barang datang ternyata tidak ada brosur apapun kecuali berkaitan dengan barang yang saya beli. Ini menjadi pelajaran bahwa betapa penting kita promosikan produk kita pada pelanggan yang telah membeli produk kita. Ternyata hal ini mempunyai efek yang baik, dimana dia akan bertanya produk yang lain yang kita jual. Dan dalam banyak kasus dia membeli lagi produk kita yang lain.
Mungkin tips pedagang online dalam memberikan pelayanan dan kepuasan pelanggan berbeda dengan anda yang sudah malang melintang di dunia dagang online. Ya, mungkin sedikit dari saya yang masih tergolong baru dalam berdagang online bisa memberikan manfaat bagi anda. Terima kasih.
Sumber : http://arlivawidji.wordpress.com/2012/06/14/tips-pedagang-online-dalam-melayani-pelanggancustomer/ 

Artikel lain yang bermanfaat :
- Yang bikin tamu pernikahan bosan
Karakter pembeli yang beraneka ragam
Arti kata spam dalam dunia internet

- Sombong adalah menolak kebenaran dan merendahkan orang lain 
- Claim barang dari customer atau pelanggan 
- Bahan kimia terkandung dalam rokok 
- Arliva kosmetik
- Pelangsing tubuh herbal
- Menstrual pad atau pembalut cuci ulang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terima kasih.