Berita-berita Hoax Yang Perlu Anda Tahu

Berita-berita Hoax Yang Perlu Anda Tahu - berita palsu yang menyebar dimasyarakat atau berita bohong yang beredar atau broadcast yang bohong atau tersebarnya berita bohong atau dampak buruk media sosial

BBM

Natural Crystal x - Apakah anda pernah mendapatkan berita-berita aneh pada kontak BB atau Whats app? Ternyata berita-berita yang pernah saya terima tersebut hanyalah HOX semata. Tidak hanya itu, ternyata beberapa diantara berita tersebut juga telah di tulis disejumlah media massa, walaupun memberikan keterangan “hanya dugaan”. Namun hal ini akan berbeda ketika informasi tersebut tidak diterima dengan utuh oleh orang lain.

Adapun berita-berita hoax yang perlu anda tahu sepanjang bulan januari adalah sebagai berikut ini :

1. “Ditemukan seekor ular phiton di daerah Janur Elok Kelapa Gading belakang sekolah diduga habis menelan korban manusia pas banjir Jakarta”

2. “Jokowi menetapkan hari ini adalah hari cuti bersama untuk wilayah DKI
Jakarta karena lumpuhnya sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta. BC ke
contact BBMmu”

3. “Bendungan Katulampa jebol, banjir kiriman akan tiba di Jakarta jam 6 sore”

4. “Telah ditemukan korban-korban kecelakaan Pesawat Sukhoi dengan kondisi menggemaskan”

5. “Banyak LSM dan berbagai elemen masyarakat juga parpol ikut dalam memberikan bantuan untuk korban banjir, dimanakah FPI dan HTI? Kenapa bisanya Cuma Demo-demo dan bikin rusuh, giliran kaya gini tidak mau. Ayo sebarkan, biar mereka sadar”

6. Masih banyak lagi contoh-contoh yang lain.

Apa yang langsung terbayang di benak kita saat membaca tulisan-tulisan diatas? Bisa jadi kita pernah menerima atau ikut meneruskan juga kalimat-kalimat di atas melalui handphone kita. Satu kata saja untuk kalimat-kalimat diatas yaitu “HOAX”.

Secara definisi HOAX adalah berita yang diragukan kebenarannya atau bohong. Hal yang menarik adalah berkembangnya HOAX yang cukup cepat melalui gadget-gadget atau sarana komunikasi kita.

Seiring dengan maraknya perkembangan social media seperti Blackberry messenger, Whats app, twitter dan lainnya membuat arus informasi seolah semakin tidak terkendali. Dengan gadget yang ada di tangan kita, kita dapat langsung update tentang berita syaiful jamil yang tabrakan di Cipularang, berita tentang kudeta di Mesir sampai jalanan mana saja yang macet ke arah rumah kita.

Bukan Cuma membaca saja, terkadang kita juga ikut meneruskan atau forward kepada teman-teman yang ada dalam daftar contact kita. Padahal kita juga belum yakin bahwa informasi yang kita terima tersebut valid.

Informasi apapun yang kita terima melalui sarana komunikasi kita, sebaiknya kita analisa lebih dahulu apabila kita ingin meneruskannya kepada teman-teman kita. Cek terlebih dahulu :

1. Apakah informasi tersebut valid ?
2. Apakah informasi tersebut bermanfaat bagi teman-teman kita ?
3. Apakah informasi tersebut layak dan pantas untuk dibagi dengan teman kita ?
4. Bagaimana ekses atau akibatnya apabila informasi tersebut kita teruskan ?

Apabila kita rasakan banyak manfaatnya, maka dapat kita teruskan. Jangan lupa kita juga harus bertanggung jawab atas informasi yang kita teruskan.

Mari kita mulai dari diri kita sendiri berkomunikasi di dunia maya secara bertanggungjawab. Have a nice surf on digital world!

Demikian informasi mengenai berita-berita hoax yang perlu anda tahu dan tidak semestinya anda sebarkan juga. Pakailah kaidah diatas jika kita menerima informasi yang tidak jelas, belum tentu kebenarannya. Semoag bermanfaat.

Berita lain :
- Sosok Lelaki dengan Tubuh dan Wajah Memancarkan Cahaya 
- Pasukan Putih di Gaza Palestina 
- Merokok dan Kesehatan
- Sisi Lain Foto Syur Nikita Mirzani Yang Sedang Bugil
- Tips mencegah anak marah
- Tips Cantik Wajah Awet Muda
- Twin Tulipware Indonesia
- Cream Sari Moisturizer Whitening
- Sarikosmetik Pemutih Wajah Ber-bpom 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan sopan. Terima kasih.